Berita Gemuhblanten

[Webinar Siber Kreasi] Peran Keluarga Sebagai Pendamping Anak Dalam Menggunakan Internet

  • 26-07-2022
  • gemuhblanten
  • 108

gemuhblanten.desa.id (26/07) Berkaitan dengan undangan dari Dinas Sosial Kabupaten Kendal nomor 005/623/DINSOS tanggal 25 Juli 2022 yang ditandangani secara digital oleh Kepala Dinas Sosial Toni Ari Wibowo, AP., MM perihal Webinar Literasi Digital. Pada hari ini, Selasa (26/07) webinar dengan tema Peran Keluarga sebagai Pendamping Anak dalam Menggunakan Internet yang diselenggarakan oleh Siber Kreasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia  yang dimulai jam 14.00 s.d. 16.00 WIB ini diikuti oleh komunitas dan kelompok masyarakat  dari Kabupaten Semarang, Kendal dan Salatiga.

Webinar melalui live via Zoom Meeting tersebut, bertindak sebagai moderator Muhammad Irsal memperkenalkan tiga narasumber yaitu Maryam Fithriati, MSW (Pengurus PW Fatayat NU DIY), Dr. Bevaola Kusumasari, M.Si (Dosen Fisipol UGM) dan Zusdi F. Arianto (Manajer Program Kaliopak Digital).

Sub tema pertama tentang Budaya Digital disampaikan oleh Maryam Fithriati, MSW (sedianya oleh Rizki Ayu Febriana yang berhalangan hadir), dalam paparannya mengungkapkan bahwa terdapat beberapa resiko digital terhadap anak meliputi kecanduan, konten negative, cyberbully, pelanggaran privasi dan pedofil online. Beliau menekankan kepada orangtua untuk menjadi Top of Mind yang bisa menjadi orangtua yang funky, asik dan bergaul, kemudian memiliki literasi digital yang baik dan mampu mendampingi anak keluar dari kesulitan.

Narasumber kedua Dr. Bevaola Kusumasari, M.Si menjelaskan tentang Etika Digital. Beliau mencontohkan etika dan etiket berinternet yang baik, seperti tidak menggunakan huruf kapital, mengutip seperlunya dan mencantumkan sumbernya, berhati-hati dalam meneruskan pesan ke orang lain.

Zusdi F. Arianto sebagai narasumber pamungkas memberikan panduan kecakapan digital. Individu dinilai cakap digital apabila mampu memahami, mengetahui dan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak dalam lanskap digital meliputi mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar dan transaksi digital.

Di akhir sesi diberikan kesempatan tanya jawab dari peserta kepada narasumber. Webinar berjalan sangat lancar dan kondusif sehingga dapat memberikan pencerahan kepada orangtua dalam membimbing anak yang diharapkan bisa meningkatkan kecakapan di dunia digital.