Berita Gemuhblanten

Hikmah Dibalik Bulan Muharram 1444 H.

  • 29-07-2022
  • gemuhblanten
  • 87

gemuhblanten.desa.id (29/07) Bulan Muharram di tahun 2022 ini sudah menginjak yang ke-1444 Hijriah. Bulan Muharram adalah bulan sebagai pergantian tahun atau disebut juga tahun baru Islam, bagi seluruh umat Muslim di dunia.

Bukan hanya tahun yang berpindah atau berubah, tapi kita pun harus hijrah menjadi lebih baik lagi.  Tanggal 1 Muharram 1444 Hijriah disebut juga sebagai tahun baru Islam. Tahun baru Islam 1444 Hijriah di tahun 2022 ini jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.

Terdapat hikmah dibalik 1 Muharram 1444 Hijriah, dilansir gemuhblanten.desa.id dari kanal YouTube Adi Hidayat Official, begini penjelasannya.

Di awal tahun hijriah ini dahulu Mekkah tidak terlampau kondusif untuk bisa melaksanakan ibadah dengan baik, mempraktikkan nilai-nilai Islam yang luhur, dan membangun hubungan yang harmonis antar masyarakat dengan nilai-nilai keislaman yang bisa dipraktikkan.

Oleh karena itu, Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan Rasulullah Shalallahu'alaihi Wassalam untuk berhijrah, membangun suasana yang mampu mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Hijrah bukan hanya sekedar berubah atau berpindah tempat, hijrah adalah sebuah komitmen yang dibangun dengan nurani, spiritual untuk berpindah kepada keadaan yang lebih baik, yang mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Bila sebelumnya kita belum melakukan amal-amal kebaikan seperti puasa sunnah, salat-salat sunnah, membaca Al-Qur'an, maka di tahun baru Islam ini cobalah untuk melaksanakannya.

Berhijrah menghadirkan tantangan tersendiri, seperti yang terjadi pada umat Islam di Mekkah pada saat itu.

Seluruh umat Islam di Mekkah harus berjuang menghadapi ujian, rintangan, dan cobaan untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Hal ini membuktikan bahwa untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Akan ada ujian yang datang menghampiri, seperti hal lainnya yang juga ada ujian untuk menunjukkan keberhasilan dari setiap yang dikerjakan.

"Semoga pada pergantian tahun baru ini, bukan hanya sekedar perpindahan waktu dan tahun. Tapi apakah keadaan kita bisa berpindah lebih baik dari hari-hari sebelumnya?" ucap Ustadz Adi Hidayat yang disampaikan di kanal YouTube Adi Hidayat Official.

Semoga di pergantian tahun ini, kita bisa menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.