Berita Gemuhblanten

Sukseskan BIAN, Mahasiswa UNDIP Melaksanakan KKN Tematik di Desa Gemuhblanten

  • 09-08-2022
  • gemuhblanten
  • 32

gemuhblanten.desa.id (09/08) Dalam rangka mensukseskan BIAN di Kabupaten Kendal, mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang berinisiatif untuk turun ke lapangan membantu pelaksanaan imunisasi Balita di Desa Gemuhblanten Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal.

BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) adalah sebuah program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun akibat pandemi COVID-19. Menyusul tahap pertama BIAN bulan Mei 2022, akan dilaksanakan tahap kedua pada bulan Agustus 2022 dengan sasaran pulau Jawa dan Provinsi Bali.

Pada KKN Tematik tahun 2022 ini, mahasiswa UNDIP menggandeng Puskesmas Gemuh I melaksanakan imunisasi BIAN di Desa Gemuhblanten yang dilaksanakan mulai tanggal 9 s.d 11 Agustus 2022 bertempat di Aula Balai Desa Gemuhblanten.

 

Di Hari pertama, para mahasiswa membantu pelaksanaan BIAN untuk pos Sedyo Rukun 1 dan 2. Kegiatan diawali dengan pengukuran antropometri yang dibantu oleh mahasiswa sebelum pemberian imunisasi oleh tenaga Kesehatan dari Puskesmas Gemuh I. Selain itu, mahasiswa juga menghias lokasi imunisasi dengan aksesoris unik untuk menarik minat masyarakat datang dan berkunjung membawa balitanya.

Di Desa Gemuhblanten terdiri dari 5 pos, yang terbagi dalam 3 jadwal yaitu Pos Sedyo Rukun 1 dan 2 pada hari Selasa 9 Agustus 2022, Pos Sedyo Rukun 3 dan 4 pada hari Rabu 10 Agustus 2022, dan di hari terakhir pos Sedyo Rukun 5 pada hari Kamis 11 Agustus 2022. Sedangkan sasaran BIAN adalah balita usia 9-59 bulan warga Desa Gemuhblanten.

Bagi warga Desa Gemuhblanten yang mempunyai balita belum atau terlewat untuk imunisasi bisa datang sesuai jadwal di Aula Desa Gemuhblanten mulai jam 09.00 WIB sampai selesai dengan membawa KMS atau Buku KIA.