Berita Gemuhblanten

Evaluasi dan Pembinaan TP. PKK Kabupaten Kendal di Desa Gemuhblanten

  • 25-08-2022
  • gemuhblanten
  • 53

gemuhblanten.desa.id (25/08) Setelah dinyatakan sebagai 5 Terbaik Pembinaan Wilayah 10 Program Pokok PKK (baca: TP. PKK Gemuhblanten Menuju Desa Binaan Terbaik di Kabupaten Kendal). Sesuai rencana pada hari Rabu (24/08) sejak pukul 08.30 WIB di Aula Balai Desa Gemuhblanten telah dilakukan pembinaan lanjutan dan evaluasi 10 Program Pokok PKK Desa Gemuhblanten tahun 2022 baik secara administrasi maupun implementasi dan hasil karya PKK. 10 Program Pokok PKK meliputi Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

Lebih lanjut dalam pembinaan wilayah ini akan dilakukan penilaian terhadap tertib administrasi PKK dan Dasawisma, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), pemanfaatan tanah pekarangan (Hatinya PKK), Kelas Ibu Hamil dan Rumah Desa Sehat.

Dalam kesempatan tersebut hadir Tim Pembina dari TP PKK Kabupaten Kendal, Camat Gemuh, Pengurus TP. PKK Kecamatan Gemuh. Setelah melalui persiapan yang cukup matang, secara umum TP. PKK Desa Gemuhblanten mampu memberikan  penampilan terbaik antara lain dari Pokja 1 ada Senam Lansia, Tilawah Al Quran Remaja/ Pelajar, Simulasi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), produksi Jamu oleh lansia, dari Pokja 2 menampilkan keterampilan membatik dan peragaan busana, dari Pokja 3 untuk meningkatkan pendapatan keluarga menunjukkan hasil-hasil produksi rumah tangga dan UMKM seperti makanan ringan, catering dan pemanfaatan limbah menjadi ecobrick, Pokja 4 selaku pengemban masalah Kesehatan menampilkan posyandu, posbindu, kelas ibu hamil, pencegahan stunting, dan pola hidup sehat keluarga.

  

 

 

  

Sebuah kebanggaan tersendiri Ketika pukul 11.00 WIB Ketua TP. PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica, SE., BBA berkenan hadir dan turut memberikan apresiasi yang baik kepada TP. PKK Desa Gemuhblanten. Secara khusus beliau menyampaikan pentingnya pembinaan 10 Program PKK seperti ini disamping untuk meningkatkan tertib administrasi TP PKK di Desa juga agar tercapai sinergitas antara TP. PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Di sela-sela kunjungan beliau, Ibu Chaca (sapaan Ketua TP. PKK Kabupaten Kendal) menyempatkan diri untuk mencicipi makanan tradisional dan jajanan pasar yang kini mulai jarang ditemukan, beliau sangat terkesan seperti yang diunggah dalam IG Story pribadi @chafrederica.

Selanjutnya TP PKK Gemuhblanten akan bersaing dengan 5 desa lain untuk meraih predikat Desa Terbaik Pembinaan Wilayah 10 Program Pokok PKK Kabupaten Kendal di tahun 2022 ini.