Berita Gemuhblanten

Bintek SIKS-NG Dinas Sosial Kab. Kendal

  • 30-08-2022
  • gemuhblanten
  • 68

gemuhblanten.desa.id (30/08)  Dalam rangka kegiatan Pengelolaan Data Fakir Miskin Cakupan Daerah Kabupaten/ Kota, Dinas Sosial Kabupaten Kendal menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi SIKS-NG yang melibatkan 306 Fasilitator Desa/ Kelurahan dan Supervisor Data Kecamatan. Sesuai undangan nomor 460/718/DINSOS tertanggal 25 Agustus 2022 yang ditandatangani Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal secara elektronik menyebutkan bintek dilaksanakan di Aula Dinas PUPR Kabupaten Kendal  Jalan Laut No.25 Kendal pada hari Selasa (30/08) mulai pukul 08.00 WIB.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, kegiatan bintek SIKS-NG dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal Toni Ari Wibowo, AP., MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) saat ini sudah bertransformasi menjadi Data Registrasi Kesejahteraan Sosial, yang mana di dalam data tersebut memuat seluruh komponen kesejahteraan sosial termasuk bantuan sosial yang diterima oleh yang bersangkutan.

Kepala Seksi Data dan Penyuluhan, Widodo, AKs dalam kesempatan tersebut juga menekankan pentingnya updating data karena setiap detik data kesejahteraan sosial terus berubah secara dinamis.

Kegiatan inti bimbingan teknis dipandu oleh Jiwan Sanjay, S.Si, secara umum menyampaikan beberapa fitur tambahan dan menu baru dalam aplikasi SIKS-NG yang dapat diakses di https://siks.kemensos.go.id/ dengan login menggunakan username dan password yang dimiliki masing-masing desa dan kelurahan.

Sebelum bintek usai diadakan diskusi dan tanya jawab antara hadirin dan narasumber mengenai kendala yang terjadi di lapangan dan mencari solusi yang paling tepat sehingga dapat memudahkan fasilitator dalam melaksanakan tugasnya.