Berita

Masih di Suasana Idul Fitri, PKK Gemuhblanten Gelar Acara Halalbihalal

gemuhblanten.kendalkab.go.id (16/06) Sebelas hari pasca 1 Syawal 1440 H atau tepatnya pada hari Minggu 16 Juni 2019, pengurus dan anggota TP. PKK Gemuhblanten menggelar acara halalbihalal yang diadakan di Aula Desa Gemuhblanten.

Kegiatan halalbihalal ini merupakan kegiatan perdana setelah Ramadhan yang diadakan oleh keluarga besar PKK Desa Gemuhblanten. Ketua, pengurus, dan anggota PKK yang berasal dari tiga RW ikut hadir dalam acara tersebut.

Ibu Siti Rumlah Heru Setiawan selaku ketua TP. PKK Gembuhblanten menyampaikan sambutannya. Pada kesempatan tersebut beliau secara khusus menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada para undangan yang hadir.

Selain sambutan dari ketua TP. PKK, hadirin juga berkesempatan menyimak sambutan sekaligus mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh Ibu Siti Sulaekom, S. Pd. yang juga menjabat sebagai Ketua Pokja di kepengurusan PKK Gemuhblanten.

Dalam mauidhoh hasanah tersebut, beliau menyampaikan tentang perayaan Idul Fitri yang erat kaitannya dengan silaturahim. Silaturahim diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti tali kasih sayang yang erat hubungannya dengan kekeluargaan. Silaturahim mengalami pergeseran makna ke arti yang lebih luas selain hubungan keluarga atau hubungan anak dan orangtua.

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menjalin silaturahim. Sebaliknya, bagi orang yang memutuskan tali silaturahim, maka ia akan terputus dari surga yang dijanjikan Allah.

Setidaknya, ada tiga manfaat yang bisa kita peroleh dari silaturahim. Yang pertama, silaturahim dapat mendekatkan kita kepada Allah. Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW bersabda,  “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahim.” (Hadis Riwayat Abu Hurairah).

Manfaat kedua dari silaturahim adalah rezeki yang luas. Hal ini sejalan dengan sebuah hadits yang berbunyi, “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya  dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahim.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim). Sedangkan manfaat ketiga dari menjalin silaturahim adalah sebagai kunci menuju surga sebagaimana Allah memberi jaminan pahala dan keberkahan bagi orang yang selalu menjaga tali silaturahim.

Kegiatan halalbihalal PKK Gemuhblanten kemudian ditutup dengan acara mushofahah dan  ramah-tamah.

Di bulan-bulan berikutnya kegiatan pertemuan PKK akan diadakan secara rutin yaitu pada tanggal 10 pada tiap bulannya.

Semoga pada kesempatan selanjutnya acara pertemuan PKK Gemuhblanten dapat terus menjadi wadah silaturahim, khususnya bagi para pengurus dan anggota serta warga Desa Gemuhblanten pada umumnya, sehingga semakin banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya.

 

Kontributor: Ismawati Asmat

Share :