Berita

Dinas Sosial Kab. Kendal Gelar Bimtek Verval Basis Data Terpadu (BDT)

gemuhblanten.kendalkab.go.id (25/06) Dalam rangka verivikasi dan validasi data PMKS, PSKS, dan PBIJK Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2019, Dinas Sosial menggelar bimbingan teknis verivikasi dan validasi Basis Data Terpadu Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Kendal untuk fasilitator dan supervisor di Hotel Sae Inn Jl. Soekarno Hatta No.338 Kendal.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh fasilitator desa yang berjumlah 286 orang dan 20 supervisor (TKSK) di 20 kecamatan dibagi dalam 6 hari sejak 17 hingga 25 Juni 2019. Dihari ke-5 Senin (24/06) adalah jadwal untuk Kecamatan Gemuh, Ringinarun dan Weleri.

Dalam pengarahan yang disampaikan Bapak Widodo, A.Ks selaku Seksi Data dan Penyuluhan Sosial dari Dinas Sosial Kabupaten Kendal, bahwa kedepan BDT akan terintegrasi dengan instansi lain seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan sebagainya sehingga sangat dibutuhkan validasi data yang benar- benar akurat karena jika ada data yang tidak valid maka secara otomatis data tersebut akan tertolak oleh sistem. Validasi dan verivikasi data ini diharapkan mendapatkan data kemiskinan by name by address sesuai dengan data riil di lapangan.

Disela-sela pengarahan beliau, juga diberikan kesempatan kepada peserta Bimtek untuk berbagi atau sharing pengalaman selama menjadi fasilitator. Kegiatan ini berjalan sangat hangat dan penuh keakraban sehingga peserta menjadi sangat antusias dan bersemangat dalam melaksanakan tugas validasi.

Hadir di hari tersebut Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Kendal Bapak Sayuti, beliau menyampaikan khususnya Komisi D sangat mensupport kegiatan ini terutama dalam hal budgeting. Beliau juga berharap agar proses validasi data ini benar-benar dilaksanakan dengan baik sehingga pada akhirnya program penanggulangan kemiskinan dan masalah kesejahteraan sosial dapat tercapai dan tepat sasaran.

Pembaruan aplikasi SIKS-NG 2.3.2 disampaikan oleh Mas Jiwan beserta rekan, bahwa aplikasi update terbaru ini ada penambahan fitur sehingga data di SIKS-NG menjadi sangat valid dan tidak mudah dimanipulasi.
Dalam waktu dekat akan digunakan aplikasi SIKS-NG versi android. Di versi mobile ini data akan lebih akurat dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan versi desktop. Disamping itu versi android ini akan memudahkan pekerjaan fasilitator dalam melakukan proses validasi data.

Share :