Berita

Dengan DOKAR, Sistem Informasi Desa (SID) Siap Terintegrasi

  • 05-07-2019
  • gemuhblanten
  • 973

gemuhblanten.kendalkab.go.id (17/06) Pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi di Indonesia yang menyasar banyak bidang membuat masyarakat mau tidak mau berusaha mengikuti agar tidak tertinggal. Sekali pun tinggal di desa, mengikuti perkembangan teknologi bukanlah hal yang aneh. Mengingat sekarang ini Indonesia sudah memasuki era revolusi industri 4.0. Salah satu hal yang ikut terdampak teknologi adalah Sistem Informasi Desa (SID).

Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kendal sebagai instansi yang dapat memberikan fasilitas terkait desa melalui kegiatan desa online membuat sebuah Platform Sistem Informasi Website guna untuk meningkatkan dan mendukung desa menciptakan pemerintahan yang baik.

Dengan system informasi DOKAR (Desa Online Kabupaten Kendal Terintegrasi) diharapkan terciptanya pemerintahan yang baik karena system sudah terintegrasi dengan (Kependudukan, Harga Pokok, Kemiskinan, Keuangan, Kependidikan, Bumdes)

Sistem Website terintegrasi ini pada dasarnya terdiri dari halaman website, halaman dashboard admin dan dashboard kabupaten. Halaman website dapat dilihat oleh publik dan masyarakat, halaman dashboard digunakan oleh pengelola website dari desa dan halaman dashboard kabupaten dikelola oleh kabupaten.

Dikutip dari laman dispermasdes.kendalkab.go.id dengan terbitnya Perbup Kendal Nomor 39 Tahun 2019 tentang Pedoman Penerapan Sistem Informasi Desa, maka penyelenggaraan SID baik penyediaan informasi oleh Pemerintah Daerah serta informasi yang disediakan oleh desa akan dipadukan dengan sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah, sehingga informasi yang tersedia dalam SID selaras dan tidak tumpang tindih. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dispermasdes Kab. Kendal Bapak Wahyu Hidayat, SH,MH saat memberikan materi pada Sosialisasi Perbup SID hari Selasa 11 Juni 2019 di Ruang Operation Room Setda Kab. Kendal.

Dengan adanya Perbup ini diharapkan menjawab permasalahan mengenai hambatan yang dialami dalam pelaksanaan SID karena belum adanya aturan pedoman pelaksanaan SID antara lain minimnya infrastruktur pendukung SID di desa, belum optimalnya tenaga pengelola SID karena dirangkap oleh perangkat desa sehingga konten tidak ter-update secara rutin, maupun ketersediaan server dan penganggaran.

Agar pelaksanaan SID berjalan dengan optimal maka perlu adanya dukungan dan pendampingan teknologi informasi ke desa-desa dalam bentuk penetrasi jaringan internet sampai ke desa terjauh, pendampingan pengelolaan SID kepada pemerintah desa serta penyediaan aplikasi dashboard SID.

Pada sosialisasi yang dihadiri para camat dan kepala OPD di lingkungan Setda Kab. Kendal tersebut juga disampaikan tentang upaya Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mengembangkan aplikasi dashboard sistem informasi yaitu DOKAR (Desa Online Kabupaten Kendal Terintegrasi). Dengan adanya aplikasi DOKAR akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses informasi tentang desa di Kabupaten Kendal.

Dengan adanya DOKAR manfaat secara umum yang diperoleh adalah:

  • Dapat menjembatani masyarakat dan desa terkait informasi berita sehingga dapat dilihat dan diakses dengan mudah oleh masyarakat.
  • Potensi atau keunggulan di desa dapat diketahui oleh masyarakat luas sehingga menjadi nama baik desa.
  • Profil desa terkait visi misi, sejarah, peta, aperatur dapat dilihat dengan tujuan masyarakat dapat lebih tahu tentang pemerintahan di desa.
  • Mudah dilihat karena sudah terintagrasi dalam satu system dengan OPD terkait (Kependudukan, Harga Pokok, Kemiskinan, Keuangan, Kependidikan, Bumdes)

Penggunaan DOKAR ditujukan untuk pengelola website dari desa. Kegunaan DOKAR bagi pengelola website desa adalah:

  • Membuat berita tentang desa
  • Membuat pengumuman kegiatan di desa
  • Menginformasikan tetang Visi misi, peta, sejarah dan aperatur desa.
  • Mengupload peraturan yang ada di desa
  • Tempat gallery foto kegiatan desa
  • Memberikan informasi kontak desa yang dapat dihubungi

Share :